Dasar-dasar Berenang

Mulai Belajar Berenang :

Pengenalan Air
Sebagian besar anak-anak, bahkan orang dewasa yang belum pernah masuk ke dalam kolam renang biasanya akan menjadi takut/cemas ketika akan masuk ke dalamnya, lebih-lebih bila pernah mengalami trauma dengan air.
Untuk itu sebaiknya, mereka masuk ke kolam yang dangkal terlebih dahulu. Setelah terbiasa dan keberaniannya mulai muncul, bisa mulai diajak ke kolam renang yg sedikit agak lebih dalam (Ingat !!! Sebaiknya dia masih tetap bisa menginjakkan kakinya ke lantai kolam renang tanpa tenggelam, kecuali selalu didampingi oleh Anda atau pelatihnya).

Tahap berikutnya :
- Ajarkan cara membuang nafas di air, dengan cara:
o Suruh dia menghirup nafas dalam-dalam
o Kemudian suruh dia memasukkan kepala ke dalam air
o Kemudian tiupkan nafas melalui hidung ketika kepala masih di dalam air
o Setelah itu naikkan kepala ke atas air sambil membuka mulut untuk mengambil nafas
o Lakukan hal di atas berulang-ulang sampai dia terbiasa dan tidak takut memasukkan kepala ke dalam air

- Suruh melompat dari pinggir kolam ke dalam kolam renang
Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa takut dengan air. Dan bisa lebih enjoy dan menikmati bermain-main dengan air.

- Belajar mengapungkan badan di atas permukaan air
o Bila sudah tidak takut dengan air (berani memasukkan kepala ke dalam air cukup lama), maka Anda bisa memintanya untuk secara pelan-pelan mengapungkan tubuhnya di atas permukaan air. Dengan posisi, wajah dan pandangan mata menghadap ke lantai kolam renang sambil menahan nafas (dilakukan dg santai)

- Belajar meluncur di atas permukaan air
Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, sekarang kita ke tahap berikutnya ..belajar meluncur, dengan cara:
o pada posisi tubuh mengapung di atas permukaan air, kemudian gerakkan kaki naik turun seperti orang yang sedang berjalan (tapi antara paha dan kaki tetap lurus, dengkul tidak boleh ditekuk)

Catatan
Untuk belajar mengapung ini, awalnya bisa dibantu oleh temannya untuk memegangi tangannya, ketika dia berusaha mengapungkan badannya dengan santai di atas permukaan air dan sewaktu mau berdiri kembali.
Untuk belajar mengapung dan meluncur ini, yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut dengan air dulu ..lihat langkah-langkah di atas. Lakukan dengan santai saja pasti berhasil.

Untuk belajar berenang yang paling utama adalah menghilangkan ketakutan dengan air lebih dulu.
Keseluruhan tahap di atas mestinya hanya membutuhkan sedikit waktu saja.




Setelah bisa mengapungkan badan dan meluncur di permukaan air, maka bisa memulai belajar gaya dada atau gaya bebas

Sebaiknya belajar renang gaya dada atau renang gaya bebas dulu? Biasanya pelatih renang mengajarkan renang gaya dada lebih dulu, karena gaya ini yang paling cepat dikuasai. Tetapi sekarang cukup sering yang mengajarkan gaya bebas lebih dulu. Alasan mengapa gaya bebas diajarkan lebih dulu ..karena dengan menguasai gaya bebas, maka gaya renang lainnya akan lebih mudah dikuasai. Tetapi untuk belajar gaya bebas sendiri akan membutuhkan waktu yang lebih lama.
Jadi terserah Anda mau belajar gaya dada atau gaya bebas dulu. Kalau mau cepat ya belajar gaya dada dulu. Tetapi jika Anda punya cukup banyak waktu dan mau lebih lama belajar, ya belajar gaya bebas langsung.

Perlu diketahui
Belajar renang gaya apapun selalu dimulai dengan belajar dan berlatih gerakan kaki lebih dulu.
Jangan pernah putus asa dalam belajar. Berenang seperti layaknya kita belajar berjalan, teruslah mencoba ...maka pasti berhasil.

--> Melihat Gaya Renang


lin

32 comments:

terima kasih atas blognya sangat brgna bg gw haaaaaaaaaaaaa

trims infonya ya, saya baru mulai belajar renang dan pernah punya trauma tenggelan, infonya sangat membantu

Aduh .. Iin .. this blog is what I really need.

Terimakasih banyak .. sangat membantu saya wanita lanjut usia yang baru belajar berenang karena terserang penyakit kolesterol dan asam urat ... hihi ... kasian ya?

Membantu banget! thanks a million.
Smoga dibalas Allah berlipat ganda. Amin.

blog ini sangat membantu saya yang sedang belajar renang. thank's

Makasih banget buat segala info tentang renang, penjelasan cukup singkat dan mudah dimengerti.
InsyaAllah bermanfaat.

phie-sby

wah thanks banget artikelnya....
pokoke gw harus bisa berenang......

once again,..
thank you....

bagus sih bagus... tapi...kok artikel tentang dasar-dasar renangnya persis di blognya abdurrosyid.wordpress.com ya... njiplak g tuh?

Kalau mau tahu jiplak atau nggak, coba saja lihat tanggal posting artikelnya, mana yg lebih tua.

Artikel ini malah yang sering dijiplak oleh orang lain. Apabila ada orang yang ingin menggunakan artikel2 diblok ini tidak masalah, tetapi sy harap bisa mencantumkan sumbernya.

Tks

tengkyu buanget2 en bener2 useful daahh smoga diberikan pahala yang berlipat

trimakasih atas info dan tips berenangnya.

Wah, moga aja belajar dari teori ini gw bsa renang nanti.

Parah sih, dari dulu di test renang mlahan jalan mulu.
hehe.

makasie blognya.........bisa blajar otodidak hehe

mau tanya tau klub renang di kota malang nga???

Mudah-mudahan ilmu yang anda tularkan ini memberi anda pahala yang besar.

sekian lama saya mencari teori belajar renang ternyata sangat lengkap di sini.

kalau dilengkapi video akan jauh lebih berguna nih!

Tuhan selalu mengutus orang-orang baik untuk mengajarkan ilmu-NYA.
Terima kasih pak Irawan

Trmksh infonya,saya cuma bisa ngapungnya aja..

Trimz ea. .aq mulai dkit" bitza brenang! Ini sngat pnting smpai kita mati . . .
Sekali lage terima kasich. . . .

ijin njiplak alias copas....

WAKTU SAYA SEKOLAH DULU SAYA TERMASUK ORANG YANG SENANG BERENANG,, BUKAN NYA SOMBONG,,, TP SEKARANG, SETELAH LAMA GA LIAT KOLAM RENANG, BELUM NYEMPLUNG, UDAH TAKUT DULUAN,,, GMN OM CARA NGILANGIN RASA TAKUT INI,,

Terima kasih pelajaran tentang dasar - dasar berenang.

busa buat latihan sendiri :)
tingkatkan kemampuan hehe thanks for this

Mohon ijin menambahkan: Harusnya belajar renang dg memakai kacamata renang (di seluruh dunia, kejuaraan renang selalu mamakai kacamata renang). Untuk yg berambut panjang sebaiknya memakai swimming cap.

membuang nafas didalam air melalui hidung atau mulut ?

apa untung ruginya masing?

info yg bagus,, semoga bermanfaat.

Terimakasih. Tutorial berenang ini sangat membantu saya dlm seleksi Calon TNI-AL :)

Bikin kelas aja misal 4 orang trus ajarin sekalian. Aku mau daftar deh, hehe..

Siapa yang mau ? :)
Kalau ada yang mau boleh ntar contact email sy aja ..tapi ini untuk lokasi Jakarta ya, syukur2 Jkt barat.
100 % Gratis ..sekedar hobi aja

@laksana, beneran gratis? Boleh minta emailnya? :D