Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke)

Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke)

1. Gerakan kaki
Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan kaki), tetapi antara kaki dan paha dengan posisi lurus atau dengkul tidak boleh ditekuk. Gerakan ini dilakukan terus menerus.

Perhatikan:
Selama melakukan gerakan ini, kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Jadi yang bergerak bukan lutut/kaki, melainkan pangkal paha/pinggul


2. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan agak berdekatan, tetapi tidak perlu menempel)
b. Kemudian tarik tangan kiri ke bawah, terus ditarik sampai ke belakang.
c. Kemudian angkat tangan kiri keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kiri tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kiri agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air).

d. Pada waktu tangan kiri diangkat keluar dari permukaan air, langsung gerakkan dan tarik tangan kanan ke bawah sampai ke belakang -sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah b-.
e. Kemudian angkat tangan kanan keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kanan tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kanan agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air)-sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah c-.

Ulangi langkah b – e di atas


Jadi urutan gerakan tangan gaya bebas :
Posisi Awal Kedua tangan lurus ke depan
- tarik tangan kiri mengayuh ke bawah sampai ke belakang
- setelah tangan kiri selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan kiri tersebut ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kiri sejauh mungkin ke depan
- tarik tangan kanan mengayuh ke bawah sampai ke belakang
- setelah tangan kanan selesai mengayuh sampai ke belakang, angkat tangan ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kanan sejauh mungkin ke depan
- begitu seterusnya

Perhatikan
Tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air, tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang, begitu seterusnya.


3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
Pengambilan nafas dilakukan ketika tangan kiri sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air, sedangkan tangan kanan akan naik ke permukaan air. Pada saat itulah, gerakkan kepala ke kanan untuk ambil nafas.
Begitu juga bila Anda lebih suka bernafas ke kiri, yaitu dilakukan ketika tangan kanan sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air.
Ketika mengambil nafas, kepala jangan diangkat ke atas, melainkan hanya menoleh ke samping kanan (atau boleh juga ke kiri ...pilih salah satu yang menurut Anda lebih nyaman)

Tips :
1) Kaki terus bergerak (tidak boleh berhenti), walau ketika sedang mengambil nafas.
2) Tangan kanan dan kiri bergerak terus secara bergantian (tanpa jeda /istirahat).
3) Posisi telapak tangan agak menghadap ke luar ketika akan menyentuh permukaan air. Jadi seolah-olah ujung ibu jari tangan yang menyentuh permukaan air lebih dulu.
4) Ketika kepala menoleh ke kanan (atau ke kiri) untuk mengambil nafas, kemudian langsung secepatnya gerakkan kembali kepala ke dalam air. Jangan menunggu gerakan tangan kanan (tangan kiri) selesai.
5) Agar gaya bebas ini bisa lebih cepat dan gerakannya lebih stabil, pengambilan nafas dilakukan setelah 2 - 3 set gerakan tangan. Jadi jangan sekali gerakan tangan langsung mengambil nafas.

Perlengkapan renang yang biasa digunakan untuk belajar gaya Bebas:


a. Papan Pelampung
b. Hand Paddle
-->Info selengkapnya, lihat di halaman Perlengkapan Renang

12 comments:

Mau tanya, posisi kepala saat berenang itu bagaimana?
Saya lihat orang2 koq di atas air semua? Lha sedangkan saya koq didalam air? Jad1 mata 5elalu kema5kan a1r. Dan r1bet kalo pake kacmata rng.
B4aimana cranya? Thx

Mungkin tergantung berenang dimana ya. Kalau berenang di kali/sungai yang kotor, tentu saja ada baiknya kepala selalu di atas permukaan air :)
Dengan berenang gaya kali tsb (kepala di atas) akan mengurangi kecepatan karena badan tidak streamline / Lurus. Juga akan membuat Anda cepat lelah.

Kalau berenang yang benar, kepala selalu di dalam air. Kepala ke atas hanya ketika ingin mengambil nafas saja.

kalo saya berenang gaya bebas kenapa hidung selalu kemasukan air pd saat setelah ngambil nafas, apakah karena posisi kepala yg kurang benar ? mhn penjelasan bgmn posisi kepala sampai leher pd wkt berenang.

Yang harus kita ingat dalam berenang, ketika ambil nafas harus selalu menggunakan mulut (jangan menggunakan hidung).
Coba 2 set gerakan tangan, baru ambil nafas 1x.
Ketika kepala kembali ke air, maka kita harus cepat-cepat langsung menahan nafas kembali.

Belajarlah berenang gaya bebas dengan santai, tetapi tepat. Gerakan tangan tidak perlu terburu-buru.

Aku baru belajar renang, tapi baru bisa gaya katak dan posisi kepala didalam air terus, sehingga tergantung kekuatan tahan nafas.
Seperti yg kakak tulis di gaya dada, pada saat apa kita buang udara, apa waktu mau ambil udara, atau waktu kepala kita berada di dalam air..??.
Makasih..

Buang nafas/udara pada gaya dada bisa dilakukan mulai saat kepala masih di dalam air.
Setelah itu baru kepala dinaikkan ke atas untuk mengambil nafas (Perhatikan ! Mengambil nafas harus selalu menggunakan mulut).
Lakukan dengan santai saja.

wah ada tutor nih.

susahnya pas kaki doang bang, semuanya udah rebes, ya itu gaya dada cepat lelah klo gak . kurang selangkah lagi......

makasih ya, bermanfaat banget....

makasih ya, ngebantu banget nih bwt tugs.. hehehe

Thanks bro, nice share. Blognya sangat berguna sekali. Ada yg saya mau tanyakan, tolong dijawab yah bro :)

1. Pada saat mengambil napas gaya bebas, bagaimana posisi kepala & muka yg tepat?
apakah posisi kepala & muka hanya menghadap ke arah kanan sejajar saja lalu masuk ke dalam air atau mengarahkan muka dekat dengan bahu lalu menggerakkan kepala dari dekat bahu sampai ke depan sambil menghadap ke kanan ?

2. Saya mencoba mengambil napas dengan posisi muka ke arah kanan, tapi telinga saya kemasukan air. Bagaimana cara mengatasinya? Apa ada yg salah dengan gerakan saya?

aku pengen coba ah??soalnya dari dulu nggak bisaa2x sampai frustasi!kuncinya sebenarnya apa sih buat renang???saat tangan mengayuh mudah lelah dan nggak jalan2x????

dulu sebelum tahu cara berenang yang benar, gejala yang selalu datang setelah berenang adalah hidung kemasukan air, airnya keminum, dan telinga budek kemasukan air.

Tapi setelah tahu cara benar untuk berenang, semua gejala yang saya sebutkan tidak pernah terjadi.

Intinya anda harus bisa nafasnya dulu. Kl pengaturan nafasnya udah bener, d jamin walau gaya renangnya amburadul pst bisa renang...

pengalaman pribadi.

kemaren saya berenang gaya bebas dan gaya katak,. kemudian ada orang lain juga dengan gaya yang sama.

Akan tetapi ternyata gaya dia seolah begitu efektif,. sedikit gerakan tapi melaju dengan cepat.

bagaimana caranya agar gerakan gaya berenang kita bisa efektif?