Perlengkapan Renang

1. Ban
2. Kaca Mata Renang
3. Kaki Katak
4. Pakaian Renang
5. Papan Pelampung
6. Hand Paddles
7. Pull boy
8. Penutup Kepala


1. Ban -->kembali ke atas
Ban biasanya digunakan untuk anak-anak bermain dan yang belum bisa berenang


2. Kaca Mata Renang -->kembali ke atas
Penting agar mata tidak ter-iritasi dan perih ketika sedang berenang
- Harga kaca mata renang sekitar 25.000,- s/d 200.000,-
- Merk yang bagus Speedo, tetapi sekarang banyak dijual speedo dengan harga sekitar 50.000-an (Carefour, Hypermart, dll). Kualitasnya lumayan lah.
Kalau menurut saya sih jangan beli kaca mata renang yang harganya terlalu murah, misal 25rb-an ...biasanya kualitasnya juga kurang (sering bocor, ketika dipakai kaca matanya kemasukan air).

Kaca Mata Renang Minus
Bagi orang yang ber-kacamata minus, sekarang juga tersedia kaca mata renang minus. Kaca mata renang minus ini bisa dibeli di :
- Ace Hardware, untuk minus 2,5 3,5 dan 4,5. Harganya sama sekitar 50.000-an
- Gramedia, variasi minusnya lebih banyak ..bahkan ada yang sampai minus 7. Harganya sekitar 100.000 s/d 200.000


Kaca Mata Renang Buram/ Berkabut
- gunakan kaca mata renang Anti Fog dengan kualitas yang baik
- bila kaca mata renang mulai berkabut, maka bisa ditambahkan obat untuk diteteskan ke kaca mata renang. Obat anti fog untuk diteteskan di kaca mata renang tersebut bisa dibeli di toko alat-alat olah raga atau di gramedia. Kalau tidak salah harganya sekitar 50.000-an


3. Kaki Katak -->kembali ke atas
untuk mempercepat renang gaya bebas. Dengan kaki katak, maka kecepatan berenang gaya bebas menjadi akan sangat cepat. Kaki katak ini lebih sering digunakan sebagai perlengkapan selam.


4. Pakaian Renang -->kembali ke atas

Aduuuh, orang-orang pada lebih suka berenang pakai celana pendek atau baju kaos (untuk wanita). Bahkan di Jakarta pun pada masih pakai begitu :(
Padahal harga baju renang tidaklah terlalu mahal loh ..ya anggap saja seharga pulsa hp, 50rb atau 100rb.

- Harga celana renang sekitar 25.000,- s/d 50.000,-
- Harga baju renang wanita sekitar 70.000 - 200.000 (kalau diskon malah bisa hanya 25.000, merk sweet dance)
- Merk yang bagus ya Speedo, tetapi merk sweet dance juga cukup bagus


5. Papan Pelampung -->kembali atas
Biasanya digunakan untuk :
- belajar mengapungkan badan dan meluncur
- belajar kaki gaya dada/kodok maupun kaki gaya bebas. Dengan cara papan tersebut dipegang dengan tangan, kemudian meluncur di permukaan air dan gerakkan kaki dengan gerakan kaki gaya dada atau gaya bebas.
- memperkuat tangan dengan cara menjepitkan papan pelampung tersebut di paha agar kaki atau paha selalu di atas. Dengan begitu kaki tidak perlu bergerak, sehingga hanya tanganlah yang akan bergerak dengan gaya dada atau bebas.

Papan renang paling sering digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan kaki gaya bebas

Catatan:
Penggunaan papan pelampung untuk belajar renang tahap awal tidak wajib ! Karena tanpa penggunaan papan pun, kita tetap bisa belajar berenang

Harga papan pelampung ini sekitar 30.000 - 40.000


6. Hand Paddle -->kembali ke atas
untuk melatih dan memperkuat tangan (biasanya digunakan untuk renang gaya bebas).
Cara penggunaan : masukkan telapak tangan ke dalam hand paddle dan mulailah berenang.
Harga hand paddle yang paling murah sekitar Rp. 35.000,-


7. Pull Boy -->kembali ke atas
digunakan untuk belajar gaya kupu. Alat ini akan membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar gaya kupu. Jadi dengan alat ini, maka kaki bisa lebih terangkat ke atas permukaan air.

Cara penggunaan : Jepitkan pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan kaki gaya kupu.

Harga sekitar Rp. 80.000,-


8. Penutup Kepala -->kembali ke atas
Ada beberapa kegunaan penutup kepala, misalnya untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (mis terlalu banyak mengandung kaporit), untuk orang yang berambut panjang agar tidak mengganggu sewaktu berenang, dll.
- Harga penutup kepala ini sekitar 25.000,- s/d 50.000,-



lin

39 comments:

waduh..
keren abis nih blognya bro..
lain sendiri, namun memberikan info yang benar2 berguna..
salut & acung 4 jempol nih untuk sharingnya.
GBU bro..

Waduh..... pas banget dech...
aku tuh emang lagi cari artikel tentang cara berenang..
coz... aku sekarang lagi belajar berenang...
selama ini aku bisanya gaya dada doang.....
makasih ya.... artikelnya....
bagus banget.....

Makasih banyak! Gue lagi ngerjain laporan untuk ujian akhir olahraga, gue ga bisa ikut ujian prakteknya soalnya bahu gue terkilir...

WOW..
Keren banget blog nya, Lengkap ! Thanks a lotz ya, secara lagi belajar renang, pas browsing ada info selengkap blog ini. Jadi gak sabar pengen cepet2 ke kolam renang buat praktekkin yg dibaca :-)
again, thanks a lot info nya

wah.. thx atas postannya. keren banget ni blogna.. salut...

berguna buat tugas ku nieh ^^

blog ini asyik banget.. kebetulan putra saya ikutan klub di Balikpapan.. sy mau carikan alat paddle speedo ukuran Small.. kira2x bisa cari dimana ya??
tahanks untuk infonya
email sy : lung2000@gmail.com
thank a lot

waaahhhh...
blgnya bagus ya..
gambarnya bisa gerak..
he..he....

bleh tuh bagi2 ilmu...
ngambil dari mana??
o ya.. kunjungi juga blog dina ya...daina-cittynizeey.blogspot.com
comen ya..
kalau jelek.. beri masukan ya...

Hallo salam kenal..blog yang bagus dan sangat membantu bagi yang hobby renang..mohon ijin aku link di bloggku ya.

Salam,
Umi

mau tanya donk...

kaca mata renang yg minus itu gak custome made ya?? lgsg eli gitu aja??

kalo di ace/gramedia... itu belinya di bagian apa ya??

bales ya.. bingung nih.

Menjawab komentar & permintaan Umi, blog ini boleh di-link atau dibagikan ke yang lain. Saya sangat berharap berenang bisa menjadi sarana olah raga yang bermanfaat dan juga sarana rekreasi untuk keluarga yang menyenangkan.
Yang saya minta bila ingin mempublikasikan artikel ini (baik melalui blog maupun email), harap selalu mencantumkan sumbernya www.allabout-swimming.blogspot.com

Menjawab pertanyaan Salsa, kaca mata renang minus yang dijual memang tidak custome made seperti membeli kaca mata baca. Kaca mata renang yang dijual sudah ditentukan/dipatok, misalnya -1,5 ; -2,5 ; -3,5 ; dan seterusnya.
Bisa dibeli di gramedia di bagian alat-alat olahraga. Sedangkan kalau di ace hardware, lebih baik tanya langsung ke penjaga counternya karena tidak semua cabang ace hardware menjual kaca mata renang minus ini.
Atau bisa juga ke toko/counter alat olah raga lainnya, misal di itc cempaka mas ..di sana ada beberapa toko/counter alat olah raga yang semuanya menjual kaca mata renang minus dengan berbagai merek.

Terima kasih atas infonya. Terus terang saya sudah bisa gaya bebas tapi nggak bisa tahan lama, paling hanya 100 atau 200 mtr. Kalau mau lanjut, saya harus istirahat setiap 50 mtr. Target saya sih bisa gaya bebas terus dengan speed minimum 100 meter ditempuh dalam waktu 2 menit. Jadi saya lagi cari advise untuk memperbaiki gerakan saya.
Kalau ada advise, tolong dishare.
Terima kasih sekali lagi.

Saya punya tip untuk kaca mata yang berkabut. Dulunya saya pake obat antifog, sekarang ini saya pake shampo atau sabun cair, paling bagus sabun buat anak2. Setelah dioleh secara merata, bilas di air sampai bersih lalu pake deh. Murah meriah dari pada beli antifog di toko. Juga hasilnya lebih tahan lama.
Thanks, Rifai.
ps: pertanyaan saya di atas (Anonim, di jawab ya, saya nggak punya web jadi nggak bisa option OpenID dan Nama/URL sehingga pake Anonim)

Untuk Rifai, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaan dan tips-nya.
Gaya bebas memang merupakan gaya renang yang paling cepat, tetapi juga cukup menghabiskan tenaga.
Untuk meningkatkan speed ..sprint sangat dipengaruhi oleh:1. Start Awal & Pembalikan
2. Posisi tubuh harus dijaga streamline (lurus)
3. Jangkauan tangan sejauh mungkin ke depan

Nb
Untuk menjaga agar tetap streamline:
- pandangan mata lurus ke bawah/ ke lantai kolam
- ambil nafas setidaknya setelah 2 set gerakan tangan
- kaki harus terus bergerak
- gerakan tangan stabil

Untuk renang jarak jauh:1. ambil nafas lebih sering dari sprint
2. frekuensi kayuhan tangan jangan terlalu banyak/cepat.
3. gerakan kaki juga tidak perlu terlalu cepat

Berlatihlah dengan cepat dan pelan secara bergantian.

Mungkin ada teman lain yg mau menambahkan ...

tq banget neeh infonya.. kebetulan anakku ikut club renang. cuman aku kebingungan cari hand paddle. karena kucari kemana2 g ada. aku musti cari kemana yah.. mohon infonya...( kirim ke mutya_prananto@yahoo.co.id )... siapa aja yang tahu boleh kasih info ke aku ya... tq

kalo boleh ikut nambahin nih, untuk baju renang juga lebih baik, bagus, aman dan bikin awet baju renang kita adalah dengan merendam sebentar sekitar 15 menit an deh paling lama dengan shampoo or sabun cair... soalnya kalo deterjen jangan deh (big no no)..trus dijemurnya jangan benar-benar di bawah sinar matahari ya..cdiangin-anginkan saja di tempat teduh, toh buat dipake basah lagi kan? jadi ga usah takut ga kering banget..[Yasani}

Blog yg sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat bagus sekali.
Makasi banyak ya mas......!!!!!!!!!!

kalo aku boleh ikut nimbrung, untuk peralatan renangnya kurang tuh buat aku. penutup hiidung itu loh... soalnya aku punya sinusitis, jadi sangat terbantu menggunakan alat itu. biasanya aku langsung pilek kalo habis berenang, sekang udah enggak. jadi buat temen2 yang punya sinusitis, ga usah takut berenang, pake alat itu akan menolong bgt. thanks

numpang tanya nih,,beli kacamata renang yg minus dimana ya ? mohon informasi please >,<

anak sy umur 3 tahun, saya lagi mencari semacam pelapmung yang buat punggung (model seperti tas ransel), dan buat di tangan, ini untuk perenang pemula, bahan seperti pull boy(busa), di mana saya membelinya,
tolong informasikan kepada saya email ku.per25@yahoo.com

kacamata renang minus 4,5 dapat beli dikota mana?(jawa timur)

bang mau tanya tentang pengertian pull buoy dan pelapung dalam renang,,tolong bisa di jabarkan definisinya,,
terima kasih

thanks infonya..good good

Tulisan yang bagus.. sangat membantu... terimakasih banyak....

Nice page about swimming , thanks for share

boleh juga sharenya...
ane jadi suka berenang akhir-akhir ini (baru bisa berenang sih) hehehehe
kunjungi balik yah
Http://www.khailitha.blogspot.com

kereeeen..
saya emang lagi belajar berenang nih... biar telat tetep semangat..
thanks infonya yaaa
kapan2 boleh tak di kutip??
tengkiuuu
:)

bagus banget infonya
saya pemula sih.. biar lambat belajar renangnya tapi tetep semangat
:)

herman berkomen...
saya pemula tapi dah bisa gaya dada makanya pegen belajar gaya bebas eh pas baget ada blog ini lengkap dan mantab ada animasi flasnya juga keren jadi ngk nghayal lagi renangnya...keren lah pokoknya bisa ajarin adik aku juga nanti....thank bang bro...

Terima kasih sharingnya, blognya bagus sekali.

Saya mau tanya utk beli peralatan fin(kaki katak) renang yg tidak terlalu mahal dimana ya, krn anak saya masih berlatih.

trus apakah sangat membantu menggunakan penutup telinga selama renang, krn menurut saya dg memakai [enutup telinga anak saya jadi tidak bisa mendengar instruksi pelatihnya.

bisa tolong di reply ke email saya dewi.anwar@gmail.com terima kasih

terimah kasih ya semoga jerih payah anda bermanfaat bagi yang menggunakan. hidupkan semangat merah putih

bagus banget blognya mas. saya mau berburu kacamata renang sama celana dulu, karena sudah usang, hehe...

belajar renang?
hubungi saya aja,hhaha (promosi)

Betul, beli kacamata renang harus sesuai kebutuhan. Kalau berenangnya jarang jarang cukup yang murah meriah. Kalau memang sering dan ingin menjadi atlete perlu yang berkualitas bagus. Tentu harganya lain

hai salam kenal ,untuk bapak atau ibu yg memerlukan segala macam perlengkapan renang dari pemula hinga profesional silakan mampir di web saya :
http://gria-sports-musik.blogspot.com/
untuk anda yang berdomisili di daerah priangan timur-jawabarat silakan mampir di toko saya :
GRIA SPORTS
jl.tentara pelajar n0.70 gang nita2 no.32 ,tasikmalaya - jawabarat
hp.08567037591

Gwe ♏ªªù вυαт kolam renang, ∂ι samping rumaah, tp Kαяєηα biaya terbatas jadi gwe вυαт sendiri,minta petunjuk ήyª B0s , makasih

artikel kamu bagus. makasih yee :D