Renang Gaya Kupu-Kupu (Butterfly Stroke)

Renang Gaya Kupu-Kupu (Butterfly Stroke)

Merupakan gaya yang paling sukar dan membutuhkan waktu untuk dipelajari.

1. Gerakan kaki
a. Posisi awal, kaki dan paha dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Juga kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya.
b. Kemudian gerakkan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air
c. Kemudian jatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah, sehingga memunculkan dorongan ke depan. Dan pinggul akan terdorong dan naik ke depan.
Ulangi langkah b – c di atas

Perhatikan:
Selama melakukan gerakan ini, kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk.
Kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan (agak rapat) satu sama lainnya.
Juga pinggul/pantat agak bergerak ke atas, sehingga akan memberikan gaya dorong ke depan yang lebih besar. Jadi kekuatan sebenarnya adalah di gerakan pinggul, bukan di kaki


2. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan berdekatan, tapi tidak perlu menempel satu dengan yang lainnya)
b. Kemudian tarik kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Terus tarik sampai ke belakang.
c. Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali depan
Ulangi langkah a – c di atas


Perhatikan:
Ketika menjatuhkan tangan ke air, maka seolah-olah ibu jari menyentuh permukaan air lebih dulu (telapak tangan agak menghadap ke luar)


3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
Gerakkan kaki seperti pada point 1 di atas. Kemudian gerakkan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Pada waktu gerakan tangan ke bawah inilah saat kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas.
Gerakan kaki dan tangan dilakukan bergantian.



Tips :
1) Awalnya mungkin Anda hanya kuat 1/2 lebar kolam ..teruskan berlatih. Jangan khawatir karena memang gaya ini yang paling berat. Semakin sering Anda berlatih, maka Anda akan semakin bisa
Bila dirasa terlalu berat, Anda bisa memulai belajar dengan melakukan 2 set gerakan kaki, baru kemudian diikuti 1 set gerakan tangan.

2) Setelah cukup lancar, maka mulai perbaikilah gaya ini dengan memperbaiki start awal gaya kupu. Kepala ditekuk agak ke bawah (dagu agak menempel ke dada) dan gerakkan pinggul lebih dulu, sehingga kaki terangkat dan lecutkan/tendangkan kaki dengan posisi lurus sejauh mungkin ke belakang. Gerakan kaki jangan dilakukan dilakukan secara berlebihan. Setelah itu baru gerakkan tangan.
Berikutnya, gerakan kaki selalu dimulai dari pinggul. Untuk membantu gerakan pinggul agak naik ke atas, kepala bisa ditekuk ke bawah (dagu agak ditempelkan ke dada).

3) Posisikan tubuh selalu di permukaan air, jangan terlalu dalam.

4) Agar lebih cepat dan gerakan lebih stabil, lakukan 2 - 3 set gerakan kaki dan tangan baru kemudian menaikkan kepala untuk mengambil nafas.

5) Kesempatan kepala untuk naik ke atas permukaan air sangatlah sedikit dan sebentar (tidak seperti gaya dada), karena itu manfaatkanlah sebaik mungkin.

6) Ketika kepala sedang tidak ke atas permukaan air untuk bernafas, pastikan posisi dagu agak menempel ke dada. Ini akan menambah daya luncur gaya kupu menjadi lebih kuat.

7) Seringkali sewaktu tangan berada di dalam air, gerakan tangan membentuk seperti huruf S. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan yang lebih kuat ke depan. Tetapi ada juga pelatih yang mengajarkan gerakan tangan biasa saja, sehingga gerakan tangan bisa lebih cepat dan kuantitas gerakan tangannya lebih banyak. Ini terserah Anda!

Perlengkapan renang yang biasa digunakan untuk belajar gaya Kupu:


- Pull boy
-->Info selengkapnya, lihat di halaman Perlengkapan Renang

12 comments:

Mas, kenalin saya Monika Erni, anak AA YKPN angkatan 91 dan STIE YKPN angkatan '98. Saya sekarang jadi guru renang, dan sudah lama cari-cari panduan untuk renang gaya kupu-kupu yang saya belum menguasai, untuk saya ajarkan ke murid-murid saya. Panduan ini sangat membantu saya. Kalo saya mau tanya jawab, trutama untuk gaya kupu-kupu ini, boleh kan...
Thanks, ya..

sangat bagus gambar illustrasinya, kebetulan saya sedang mempelajari gaya ini (belum bisa2)
apakah posisi kedua kaki selalu menempel saat diangkat dan dijatuhkan ke air?

Terima kasih atas komentar dan pertanyaannya.
Iya, seharusnya memang posisi kedua kaki harus diusahakan agar selalu berdekatan / menempel.
Dan perhatikan juga agar kaki diusahakan lurus (dengkul tidak bengkok), jadi gerakan utamanya ada di pinggul.

Pada gambar animasi terlihat gerakan kaki dilakukan dengan menekuk lutut sementara pada keterangan lutut tidak boleh ditekuk. Mana yang benar mas? Oh ya, apakah gaya kupu-kupu ini diperbolehkan/memungkinkan untuk saya yang sudah berusia 52th?
Terimakasih sebelumnya atas jawaban anda.

Yang benar pada renang gaya kupu-kupu adalah lutut tidak boleh ditekuk. Ehmmm... gambarnya yg salah :)
Untuk umur, jangan terlalu dipaksakan.
Tetapi memang ada juga yang berumur lebih dari 60 tahun masih bisa melakukan gaya kupu-kupu ini.
Yang penting kalau kita sudah berumur, tujuan berenang adalah untuk kesehatan. Tks

kalo lutut gak ditekuk,,, apa mungkin bisa kaki naik ke permukaan?

Tambahan kalau boleh: Sebenarnya gerakan butterfly stroke harus diawali dengan dolphin kick, yaitu gerakan renang lumba-lumba. Silakan cari di youtube. Secara teori memang tidak boleh menekuk lutut, tapi prakteknya tetap ada sedikit. Setelah bisa dolphin kick, baru berlatih kombinasi tangan untuk ambil nafas. Untuk latihan, bisa memakai gerakan tangan gaya dada. Kalau tangan sudah cukup kuat baru memakai gerakan tangan gaya kupu-kupu. Silakan cari video Tocomo Hagiwara sebagai referensi.
Btw, ini blog yang bagus.

mungkin bisa dilihat langkah yang simpel di link berikut www.youtube.com/watch?v=9QRElrG-NtQ

masbro tinggal dmn?? diliat dari wikimapia sekolah di BK ya? apa cuma wikimapianya doank. klo skolah di BK juga ajarin donk :D

gambar yang bagus, dan menurut artikel sebelumnya yang saya lihat di internet juga.. katanya untuk lebih mudah tendangan kaki katanay harus 2 kali sehingga membantu pada saat recovery.. apakah benar demikian?? hingga saat ini sy masih mencoba gaya kupu2 ssssuuuuussssaaaahnnyya minta ampun..

Ini blog yang cukup bagus. Gaya kupu2 adalah gaya renang yang menurut saya paling bagus. Sudah 4 bulan saya latihan gaya ini secara otodidak (berenang seminggu sekali) tapi sampai sekarang mungkin baru 30% bisa. Yang penting tetap semangat latihan dan blog ini juga merupakan referensi yang bagus.

Salam,
Michael

Wah, thank you tips nya. Sangat bermanfaat sekali. Sekarang sy tinggal di apartemen jd ada kolam renang gratis,hehe.. Mau intens latihan gaya kupu.

Baca juga postingan saya, ada koleksi video nya juga disini.

Ayo saling belajar..