Renang Gaya Dada (Breast Stroke)

Renang Gaya Dada (Chest Breast Stroke)

Merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari. Tapi dalam segi kecepatan, gaya ini merupakan gaya yang paling lambat.
1. Gerakan kaki
a. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk)
b. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
c. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan ..ini akan menambah daya dorong)
Ulangi langkah a – c di atas

Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini :
1) tekuk, tendang, rapatkan,
2) tekuk, tendang, rapatkan,
dan seterusnya.

Mudah khan !

2. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel)
b. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
c. Luruskan tangan kembali.
Ulangi langkah a – c di atas

Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini :
1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
dan seterusnya.

Mudah khan !

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
- Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
- Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas


Tips :
1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam, kemudian gerakkan kaki seperti di atas. Lakukan sampai lancar

2) Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda, sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. Untuk anak-anak, orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini.

Nb.
Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air, melainkan terlalu ke bawah ..hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air.
Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas.

3) Setelah lancar, maka sekarang kita agak ke tengah kolam. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Lakukan sampai lancar

4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. Begitu seterusnya, lakukan sampai lancar.

5) Setelah cukup lancar, maka mulailah belajar mengambil nafas. Ketika tangan bergerak ke samping, maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Lakukan sampai lancar

6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang.

Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas.
Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).


47 comments:

Keren blognya...berguna banget. Saya mau tanya nih, kenapa gaya katak saya lambat? bagaimana cara meningkatkan kecepatan?

Untuk menambah speed/kecepatan dalam renang gaya dada, perlu diperhatikan:
1. gerakan tangan jangan terlalu ke samping, melainkan cukup selebar bahu dan ditarik ke bawah. Setelah siku tangan sampai sekitar tulang rusuk, kedua tangan langsung diluruskan kembali ke depan dg posisi telapak tangan kanan dan kiri menempel.
2. gerakan kaki ketika menendang cukup lebar dan ketika kaki diluruskan, usahakan telapak kaki kanan dan kiri agak menyatu / menempel.
3. yang juga sangat penting adalah gerakan tangan dan kaki harus bergantian. Ketika tangan bergerak mendayung ke bawah, telapak kaki kanan dan kiri dalam kondisi diam sejenak (lurus). Demikian juga ketika kaki ditekuk dan ditendangkan, kedua tangan lurus ke depan (dengan posisi telapak kanan dan kiri menyatu)

Ctt.
yg sangat berpengaruh dalam speed/kecepatan dalam renang gaya dada adalah:
- ketepatan gerakan kaki
- koordinasi gerakan kaki dan tangan yang harus saling bergantian

thx nih blog nya bagus, sangat membantu buat kita2 yg baru belajar renang...tp kadang susah dipraktekin ya? hehehe...mungkin kurang semangat aja belajarnya. tp secara teori sudah lengkap banget

Thank Banget ya..tulisannya bagus banget ditambah gambar animasi lagi..

Semoga kebaikan penulis akan diberi pahala yang setimpal.. amiin..

salam
Erwin YH
e_win272@yahoo.com

NICE BLOG, animasinya berguna banget di tambah pengertiannya cukup jelas

for other all about, visit my site

makasih banyak ilmunya.

terima kasih penjelesannya simpel dan sangat mudah dimengerti mantab abiss tks

terima kasih penjelesannya simpel dan sangat mudah dimengerti mantab abiss tks

Sungguh bagus blognya. khususnya info tentang belajar renang. kbetulan saya sedanga nyari materi belajar renang untuk siswa.
Bolehkan saya copy posting nya? atau tolong kirimkan melalui email saya : part_si9@yahoo.com.
Saya sangat berterima kasih jika diberikan.
Tq

Terima kasih Pak, semua materi di dalam blog ini boleh dicopy dan diperbanyak.
Hanya saya berharap, bila ingin memperbanyaknya bisa mencantumkan sumber artikelnya.

Semoga bisa bermanfaat.

Tks

xixixixi...swimming pool, I ma comiiiiiing.....

makasih yah blognya, membantu banget buat kita2 yg baru mau belajar renang n parno sm air hehe...

berikutnya tinggal dipraktekin aja nih ;)

kalo info kolam renang umum di jkt, kira2 tau nda ya? sy cmn tau di gajah mada, tirtamas rawamangun, n gelora senayan (tp dalem banget!) aja.. kira2 ada info kolam renang yg lain gak yah? Thanks sblmnya.

Info kolam renang sudah ada, tinggal klik combo box "Info Kolam Renang" (di bawah Gaya-gaya Renang).

Kemudian pilih / kota yang Anda inginkan.

Semoga Bermanfaat (^_~)v

thanks, sangat bermanfaat u kesehatan, keterampilan dan rekreasi... smoga Allah SWT memberikan rewards berlipat ganda atas ilmu yg disebar luaskan.. amin..

Thx atas bagi2 ilmunya. Tapi aku pengen curhat, gmn ya caranya kirim video aku tentang hasil latihan berenang gaya katak biar dikomentari ama ahlinya/pakarnya dimana letak kesalahanya dan cara memperbaikinya. Mhn blsnya

Halo Mas Laksana, blognya bagus. Saya ingin bertanya, saat kepada dalam air (bukan saat mengambil nafas), pandangan mata ke arah bawah (90 derajat thdp permukaan air) atau diagonal ke bawah (45 derajat thdp permukaan air). Untuk gaya bebas apakah seperti itu juga?

Maaf baru balas, file video biasanya cukup besar ..mungkin harus dikonversi lebih dulu agar filenya lebih kecil, misal ke format flv.
Dan video tsb bisa diupload ke YouTube, dll.

Thx

Saat kepala dalam air (bukan saat mengambil nafas) posisi kepala cukup sejajar dengan permukaan air. Posisi kepala jangan terlalu dalam karena malah akan membuat kaki terangkat terlalu ke atas.
Untuk gaya bebas juga sama, posisi kepala sejajar dengan permukaan air.

Thx

thx y info na...sy mau tanya...
saya bisa renang, tp gerakan saya mngkin masih slh...dan tmn sy mnta diajari...nah yg sy tanya bagaimana ya tahapan pembelajaran bagi pemula dewasa??
trimakasih banyak...

Untuk dewasa maupun anak-anak mestinya tidak jauh berbeda. Lihat ke halaman a. Dasar-dasar berenang.

Yang perlu diperhatikan jangan mengajaknya ke kolam yang terlalu dalam ya. Karena dewasa maupun anak-anak bila tidak bisa berenang akan sama berbahayanya bila di kolam yang dalam :).

Keren bro.. udah lama ga renang neh. dulu gaya dada bisa kuat 30*50m (waktu muda, hehehe..) Pingin berenang lagi ah, tp skrg masih kuat ga ya??

gaya renang apa yang cocok untuk berenang pada waktu terjadi tsunami...makasih sblmnya.

Thanks bro Laksana, blognya bagus & detail bgt. Ada yg saya mao tanyakan ke bro nih, mohon dijawab yah :)

1. Setelah kepala muncul ke permukaan (mengambil napas) lalu kepala saya masuk kembali ke air, kenapa posisi badan saya (kepala+badan) bisa jatuh lebih dalam ke bawah dari permukaan air?
Bagaimana cara mengatasinya, agar posisi badan saya tidak jatuh terlalu dalam ke air (setelah mengambil napas)

*) Hal ini yg membuat speed saya menjadi lambat. Karena seharusnya gerakan kaki bisa mendorong maksimal ke depan, tapi terbuang percuma utk mendorong badan lagi ke atas (dekat dgn permukaan air)

2. Utk menghembuskan napas di dalam air, yg benar & efektif lewat dari hidung ato mulut?

*) Saya lebih terbiasa mengambil & menghembuskan napas lewat mulut

kalo saya menganggap gaya dada ini yang paling susah saat saya mencobanya malah tidak berpindah tempat kira-kira itu kenapa ya?

Makasih banget blognya.. Sangat membantu saya pada saat kursus berenang. Dengan guru les teori2 tidak diajarkan tapi langsung praktek. Dengan membaca blog ini lengkap sudah pengetahuan saya. Saat ini saya sudah menguasai gaya dada. Walau belum lancar sekali tapi tips2 disini sudah saya praktekan.. Trimakasih.

mantap boz..
keterangannya cukup detil

kembali semangat belajar nih..nice post :)

Numpang link ya kaka

[url=http://plasabusana.com]Busana Baju Muslim[/url]

Mantap nih, kebetulah banget gw mw belajar gaya ini. makasih

Tenkyuu gan .. Berguna banget nih blog nya untuk bantu tugas ane ...
sekali lagi tenkss ya gann :)

blognya super, informasinya mantap.

ditunggu posting berikutnya

Terima kasih tips cara berenang gaya dada nya.

saya juga punya kasus yg sama..setiap habis muncul ambil nafas, ketika kepala kembali masuk ke air, pasti badan bagian depan saya tenggelam...apanya yang salah ya pak? makasih jawabannya

klu mau lebih cepat ,,latihan pke karet ban........

Ini info sangat brguna skali,,mksh udh d jlsin tentang gaya dada,,all tlg d bantu ya,,prbedaan gaya dada dgn gaya katak...

thanks god, saya baru bisa gaya dada sinkron gerakan sama ambil nafas di usia 40 tahun, better late than never..

Apakah ada informasi tentang les renang di Tirtamas? Saya ingin memberi les anak saya usia 3 tahun les berenang. Bisa minta kontak telpon guru berenangnya??

Renang gaya dada (katak) dalam bahasa Inggris lazim disebut 'breast stroke' bukan 'chest stroke'

TERIMAKASIH PENJELASANNYA,INI akan SANGAT BERGUNA UNTUK LATIHAN ANAK SAYA

wow lengkap ya.... makasih infonya.

Sip, trims infonya. Sangat membantu penyelesaian tugas saya... :)

Salam,
Artikel dan info2 di blog ini sangatttt bermanfaat bagi saya. Saya sedang berupaya keras belajar renang.
Andai berkenan, mohon info pelatih renang wilayah kota Jogjakarta, ya?
Tempat tinggal saya di Jogja timur, seputar Gedongkuning.
Bisa dihibungi juga via HP: 0813 2817 2625
Terimakasih sebelum dan sesudahnya.
-Cak Nur-

Thanks infonya bermanfat banget, buat saya baru belajar berenang.

Makasih Banyak atas infonya. InsyaAlloh shodaqoh ilmu akan terus berkembang dan mengalir, daripada materi. Amin

Makasih infonya sangat berguna, saya mo tanya mas.
Kalau berenang di laut yang enak dan aman pakai gaya apa yah ??

Thanks

Makaish mas infonya bermanfaat banget, aku juga suka renang soalnya